Kamis, 25 Juli 2013

Perkembangan Infomasi dan Teknologi

Kebutuhan manusia khususnya teknologi informasi sangatlah penting karena bisa mengetahui berbagai informasi baik informasi di dalam negeri maupun di luar negeri, dan kita juga bisa mengetahui kegiatan dan info teman kita melalui jejaring social sebagai bentuk teknologi informasi yang mudah. Perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat demi kemajuan peradaban manusia. Dapat kita ambil contoh dalam kegiatan komunikasi yang sebelumnya menuntut peralatan yang begitu rumit, kini sudah digantikan oleh perangkat mesin otomatis. Sistem kerja yang telah mengalihfungsikan tenaga manusia .

Perkembangan teknologi informasi yang dapat kita rasakan sekarang tidak lepas dari sejarah yang memicu munculnya berbagai inovasi. Manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi diantara sesamanya. Atas dasar kebutuhannya tersebut, manusia berupaya mencari dan menciptakan cara dan alat untuk saling berinteraksi. Pada masa Pra-sejarah manusia melakukan komunikasi awal dengan menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai mengidentifikasikan benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan menggambarkannya dengan bentuk-bentuk yang mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
Untuk yang pertama kali pada 3000 SM tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa. 

Tahun 1973 – 1991 istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian diperkenalkan dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. (Sobarudin Arif, 2012)
Tahun 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. Tahun 1993-sekarang Internet sudah menyediakan berbagai pelayanan jasa internet, jasa informasi, dan jasa registrasi. Pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia

3 komentar: